2 MACAM JANGKA SORONG DAN JENISNYA

2 Macam Jangka Sorong dan Jenisnya

Jamak vs tunggal, Sebuah alat tunggal, seperti gunting atau kacamata, dapat disebut sebagai “caliper” atau sebagai “caliper” (bentuk “jamak saja” atau jamak tantum).  Dalam percakapan sehari-hari, istilah “sepasang vernier” atau “vernier” dapat digunakan untuk menggambarkan jangka sorong.  Meskipun mereka tidak menggunakan skala vernier, ekspresi ini juga dapat digunakan untuk merujuk secara informal ke kaliper dial.  Meskipun mikrometer luar secara teknis merupakan jenis kaliper, istilah “kaliper” sering digunakan berbeda dengan “mikrometer” dalam konteks toko mesin.  Dalam konteks ini, istilah “caliper” hanya mengacu pada bentuk vernier atau dial caliper (atau padanan digitalnya).

Bangkai kapal Yunani Giglio, yang dekat dengan pantai Italia, adalah tempat caliper pertama ditemukan.  Penemuan kapal dilakukan pada abad keenam SM.  Sebuah rahang tetap dan rahang bergerak sudah ada pada benda kayu.  Kaliper masih digunakan oleh orang Yunani dan Romawi meskipun merupakan temuan yang sangat langka.

Selama dinasti Xin Cina, kaliper perunggu dari 9 M digunakan untuk pengukuran menit.  “Dibuat pada hari gui-you,[a] hari pertama[b] bulan pertama tahun pertama Shijianguo,” bunyi tulisan di kaliper.  Kaliper “lulus dalam inci dan sepersepuluh inci” dan termasuk “lubang dan pin.”

Pierre Vernier menciptakan vernier caliper saat ini sebagai kemajuan atas nonius Pedro Nunes.

Baca: Apa Itu Jangka Sorong? Memahami Cara Membaca Jangka Sorong Itu Penting

Jenis jenis kaliber atau jangka sorong

Inside calliper

Ukuran internal suatu objek diukur dengan menggunakan jangka sorong di dalamnya.

Sebelum memasang, kaliper atas pada gambar (di sebelah kanan) perlu disetel secara manual.  Jenis kaliper ini disetel secara halus dengan mengetuk ringan kaki kaliper pada permukaan yang nyaman hingga hampir bersentuhan dengan objek.  Sedikit dorongan terhadap resistensi sekrup poros tengah menyebabkan kaki menyebar ke dimensi yang tepat, memberikan pengukuran perasaan yang diperlukan dan konstan.

Tanpa melepaskan pahat dari benda kerja, kaliper bawah pada gambar dapat disetel dengan benar berkat sekrup penyetel.

Outside caliper

Untuk mengukur ukuran eksterior suatu objek, gunakan kaliper luar.

Pengamatan dan teknik yang sama berlaku untuk kaliper jenis ini, seperti untuk kaliper bagian dalam.  Dengan beberapa pemahaman tentang keterbatasan dan penggunaannya, instrumen ini dapat memberikan tingkat akurasi dan pengulangan yang tinggi.  Mereka sangat berguna saat mengukur jarak yang sangat jauh;  pertimbangkan jika kaliper digunakan untuk mengukur pipa berdiameter besar.  Jangka sorong tidak memiliki kapasitas kedalaman untuk mengangkangi diameter besar ini dan pada saat yang sama mencapai titik terluar dari diameter pipa.  Mereka terbuat dari baja karbon tinggi.

Divider calliper

Kaliper pembagi, kadang-kadang dikenal sebagai kompas, digunakan untuk menandai tempat-tempat di industri pengerjaan logam.  Titik-titik tersebut diasah untuk berfungsi sebagai pencungkil, memungkinkan satu kaki dimasukkan ke dalam lesung pipit yang dibuat dengan pukulan tengah atau tusukan sementara kaki lainnya berputar untuk mencoret garis pada permukaan benda kerja, sehingga menghasilkan busur atau lingkaran.

Dimungkinkan juga untuk mengukur pemisahan antara dua tempat pada peta menggunakan jangka sorong.  Dua tempat yang sedang diukur jaraknya didekati dengan kedua ujung jangka sorong.  Pembukaan caliper kemudian diukur secara langsung pada skala yang tertulis di peta, atau langsung pada penggaris terpisah dan diterjemahkan ke jarak sebenarnya.  Satu menit busur di sepanjang lingkaran besar apa pun, seperti garis bujur mana pun, sama dengan satu mil laut, atau 1852 meter, pada peta laut.  Jarak sering diukur dengan menggunakan skala lintang yang muncul di sisi peta.

Pembagi juga digunakan di bidang medis.  Ketika digunakan dengan skala yang tepat dan kaliper EKG (juga dikenal sebagai EKG), adalah mungkin untuk menghitung detak jantung.  Robert A. Mackin, seorang ahli jantung, menciptakan versi portabel.

Baca: Bagian-Bagian Jangka Sorong Dan Pengoperasiannya Yang Perlu Anda Ketahui

Oddleg caliper

Seperti yang terlihat di sebelah kiri, kaliper Oddleg, kaliper Hermafrodit, atau Oddleg Jennys biasanya digunakan untuk mencoret garis pada jarak tertentu dari tepi benda kerja.  Untuk menjamin garis sejajar dengan tepi, kaki bengkok digunakan untuk berjalan di sepanjang tepi benda kerja saat scriber membuat tanda pada jarak yang telah ditentukan.

Kaliper tertinggi dalam diagram di sebelah kiri memiliki bahu kecil di kaki bengkok yang memungkinkannya untuk beristirahat lebih aman di tepinya.  Fitur ini tidak ada pada kaliper bawah, tetapi memiliki scriber yang dapat diganti yang dapat disesuaikan untuk keausan dan diganti jika sudah terlalu aus.

Vernier caliper

  1. Mengukur diameter luar suatu objek (seperti silinder berongga) atau lebarnya (seperti batang) menggunakan rahang luarnya yang besar (seperti bola).
  2. Digunakan untuk mengukur diameter interior objek di dalam rahang sempit (seperti silinder atau pipa berongga).
  3. Sebuah probe kedalaman atau batang digunakan untuk mengukur kedalaman lubang atau objek (seperti gelas kecil).
  4. Skala utama (Metrik): setiap milimeter ditandai, dan membantu pengukuran panjang yang akurat hingga 1 mm.
  5. Skala utama (Imperial): Pecahan dan inci ditandai.
  6. Pengukuran skala Vernier dalam metrik diinterpolasi dengan akurasi 0,1 mm atau lebih baik.
  7. Pecahan inci diinterpolasi oleh skala Vernier (Imperial).
  8. Retainer: digunakan untuk menghentikan bagian yang dapat dipindahkan untuk mempermudah pemindahan pengukuran.

Kaliper dalam diagram menampilkan pembacaan metrik awal sekitar 2,475 cm (2,4 cm dibaca dari skala utama ditambah sekitar 0,075 cm dari skala nonius).

Istilah “kesalahan titik nol” mengacu pada fakta bahwa kaliper sering gagal membaca 0,000 cm ketika rahang ditutup.  Selalu hapus pembacaan utama dari ketidakakuratan titik nol.  Asumsikan bahwa kaliper ini memiliki kesalahan titik nol 0,013 cm.  Kami kemudian akan memiliki pengukuran panjang 2,462 cm.

Baca: Cara Menggunakan Fungsi Jangka Sorong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *