BAGIAN-BAGIAN JANGKA SORONG

Bagian-Bagian Jangka Sorong Dan Pengoperasiannya Yang Perlu Anda Ketahui

Apa yang dimaksud dengan komponen jangka sorong, dan apa fungsinya masing-masing?  Coba baca artikel ini jika Anda mencari jawaban atas pertanyaan ini karena kami akan berusaha untuk mengatasinya.

Alat ukur dengan akurasi hingga seperseratus milimeter adalah jangka sorong.  Alat ukur ini pada dasarnya terdiri dari dua bagian yaitu bagian yang diam dan bagian yang bergerak.

Ada skala utama di rahang tetap atau komponen stasioner dan skala nonius/vernier di rahang geser atau bagian bergerak.

Kaliper manual, kaliper analog, dan kaliper dengan tampilan digital adalah tiga jenis kaliper yang berbeda.

Kaliper terdiri dari beberapa bagian, yang masing-masing memiliki tujuan yang unik.

Kita akan membahas secara rinci tentang komponen kaliper dalam artikel ini.  Lalu apa bagian bagian jangka Sorong  tersebut?

Baca: 2 Macam Jangka Sorong dan Jenisnya

Table of Contents

Bagian-Bagian Jangka Sorong

Rahang tetap dan rahang geser membentuk dua bagian jangka sorong.  Jangka Sorong memiliki dua skala, berbeda dengan skala pembacaan tunggal penggaris.  Skala ini terdiri dari skala utama dan skala nonius, juga disebut skala nonius.  Rahang tetap adalah rumah bagi skala mayor yang lebih panjang.  Skala pendek rahang geser disebut skala Nonius.

Berikut ini bagian bagian jangka Sorong beserta fungsinya:

  1. Rahang Dalam

Rahang yang bergerak dan rahang yang tetap membentuk rahang bagian dalam.  Tugasnya adalah melakukan pengukuran dari dalam, seperti ukuran lubang atau celah, diameter tabung, cincin, dan benda lainnya.

  1. Rahang Luar

Rahang luar juga memiliki dua rahang, rahang bergerak dan rahang tetap.  Tujuannya adalah untuk mengukur dimensi eksternal suatu objek, seperti diameter, ketebalan kertas, lebar, atau panjangnya.

Baca: Cara Menggunakan Fungsi Jangka Sorong

  1. Tangkai Ukur Kedalaman

Kedalaman lubang pada suatu benda dapat ditentukan dengan batang pengukur kedalaman. komponen yang digunakan untuk mengukur kedalaman suatu objek, seperti kedalaman tabung. Jika pengukuran kedalaman jangka sorong tidak akurat, kamu bisa mengkalibrasi jangka sorong terlebih dahulu agar pengukurannya kembali akurat.

  1. Skala Utama Dalam CM

Skala utama dalam sentimeter berfungsi sebagai alat untuk menyatakan ukuran utama (cm).  Setiap mm pada skala dicatat.

  1. Skala Utama Dalam Inchi

Nilai pengukuran ditampilkan pada skala utama (dalam cm). Tujuan utama timbangan adalah untuk menyatakan hasil pengukuran utama, yang sering diberikan dalam sentimeter atau inci.  Panjang skala utama biasanya berkisar antara 15 hingga 17 ccm.

  1. Skala Nonius

Nilai pengukuran diberikan pada skala (dalam inci). Skala nonius memiliki fitur yang meningkatkan presisi pengukuran lebih lanjut.  Biasanya diukur dalam milimeter atau inci. Pengukuran pecahan dalam satuan mm disediakan oleh skala nonius (dalam mm).

  1. Baut Pengunci

Untuk mencegah timbangan bergeser selama pengukuran dan untuk memungkinkan objek dipegang atau tidak dilepaskan, baut pengunci menahan rahang di tempatnya. Kunci menjaga komponen kaliper tetap di tempatnya saat mengukur, seperti gerakan rahang.

Demikianlah, artikel tentang bagian bagian jangka Sorong yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat.

Baca: Apa Itu Jangka Sorong? Memahami Cara Membaca Jangka Sorong Itu Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *